Tiga Langkah Mengefektifkan Promosi Untuk Peningkatan Penjualan.

Bukanlah hal yang mudah untuk membuat calon pelanggan Anda segera mengambil keputusan, terlebih dalam kondisi ekonomi yang berkembang saat ini. Itulah sebabnya, promosi yang efektif menjadi bagian yang sangat penting, baik untuk memikat calon pelanggan potensial maupun mengikat pelanggan Anda agar lebih setia.

Sebuah promosi yang dilakukan dengan benar, akan mampu membawa pelanggan / calon pelanggan keluar dari titik jenuh untuk tertarik dengan produk /jasa yang Anda tawarkan, dan pada akhirnya akan segera mengambil keputusan terbaik.


Inilah 3 langkah yang perlu Anda lakukan:

TENTUKAN TARGET DARI PROMOSI ANDA.

Seperti yang kita ketahui bersama, jarang terjadi sebuah promosi dapat langsung menyelesaikan semua tujuan, namun hal terpenting dari sebuah promosi adalah diawali dengan menentukan targetnya itu sendiri, seperti dibawah ini :

  • Apakah Anda ingin pelanggan untuk meningkatkan frekwesi dan kuantitas pembelian, atau tertarik dengan penawaran baru yang berbeda?
  • Apakah Anda ingin memikat pelanggan baru ke dalam penawaran Anda?
  • Apakah Anda ingin pelanggan yang pernah kecewa untuk mencoba kembali penawaran Anda?
  • Apakah Anda ingin meningkatkan percepatan usaha dalam kondisi ekonomi yang lesu?

Setelah menentukan target pasar dan pencapaian promosi dengan detil dan serius, cobalah tanyakan pada diri Anda sendiri :
“Jika saya menawarkan sebuah promosi, apakah target promosi itu akan merespon?”
Jika Anda yakin dengan jawaban “Ya!”, lanjutkan ke langkah berikutnya.

PILIH CARA BERPROMOSI YANG EFEKTIF

Terdapat beberapa cara melakukan promosi, dan secara garis besar dapat di bagi menjadi 3 bagian :

  • Penawaran harga, termasuk diskon dan kupon atau berupa nilai tambah lain.
  • Sampel atau Tester yang memudahkan calon pelanggan untuk mencoba produk Anda.
  • Sebuah Acara/Event yang meningkatan antusiasme, penjualan, dan publisitas.

Ketika Anda memutuskan cara berpromosi yang Anda pilih, selalu perhatikan beberapa contoh ini:

  • Penawaran harga harus dapat menarik perhatian pelanggan dan masuk akal untuk mempertahankan bisnis Anda. Hindari diskon 10-20 persen yang membosankan, tetapi hindari juga diskon yang terlalu besar kecuali hal itu membuat pelanggan ikut mempromosikan bisnis Anda, menghasilkan penjualan yang lebih tinggi, dan menarik pelanggan baru ke dalam bisnis Anda.
  • Kupon selalu bisa membuat pembelian kembali, dan cara ini cukup populer. Kupon cetak masih yang paling banyak beredar, namun kupon didistribusikan di media online (situs / e-mail) juga dapat menguji seberapa jauh promosi ini berjalan baik sebelum Anda mencoba dengan media lain.
  • Sampel/ Tester selalu memberi efek positif pada produk Anda. Memberikan pengalaman “mencoba sebelum membeli” kepada setiap calon pelanggan. Kuncinya adalah membuat sampel yang menarik sehingga dapat memikat hati pelanggan untuk membeli produk yang sebenarnya. Untuk bisnis yang berbasis online, promosi melalui sample/tester bukan hanya untuk meraih pelanggan, bisnis Anda pun dapat terdongkrak dengan adanya sistem “get with social media” dan bisa dikatakan mendapat publikasi secara gratis, lebih jauh dari itu, Anda juga akan mendapatkan infografik calon pelanggan, sehingga jika Anda akan melakukan promosi offline, Anda telah mempunyai informasi penting yaitu target pasar. Sedangkan untuk bisnis yang bergerak di bidang jasa, Anda dapat melakukan dengan memberikan jasa versi singkat, misalnya konsultasi dekorasi dalam 1 jam atau penawaran gratis dalam jangka waktu tertentu.
  • Sebuah Event diadakan untuk menarik banyak pelanggan. Bisa berupa perayaan, peluncuran produk, presentasi produk, dan kegiatan menarik lain yang menggabungkan hiburan dengan presentasi produk ataupun brand. Ketika menjalankan sebuah event, pastikan semua bagian acara berjalan maksimal. Sebuah acara yang dijalankan “setengah-setengah”, justru akan berdampak lebih buruk daripada tidak ada acara sama sekali. Jadi rencanakan, pilih tema, tentukan tim organizer dan publikasikan event dengan sepenuh hati dan maksimal.

YAKIN DAN MENGETAHUI PENCAPAIAN PROMOSI

Promosi bekerja sangat baik ketika konsumen langsung merasakan kebutuhan akan sebuah produk dan segera mengambil keputusan untuk membeli.

Untuk mencapai hal tersebut, yang terpenting di awal adalah perjelas target penjualan yang ingin Anda capai, atur jumlah penjualan yang Anda ingin buat, dan berapa profit Anda ingin hasilkan, berapa banyak database pelanggan Anda ingin kumpulkan, bagaimana pola penjualan Anda ingin optimalkan, atau tujuan lain yang Anda inginkan tercapai.


Dengan mengetahui dampak dasar potensi promosi Anda, Anda akan memiliki informasi yang Anda butuhkan untuk mengalokasikan anggaran promosi, mendedikasikan waktu staf dan menginvestasikan energi yang diperlukan untuk membuat sebuah promosi efektif yang akan memberikan hasil peningkatan bisnis selama periode waktu yang sudah di tentukan.

Jangan pernah ragu untuk berkonsultasi dalam melakukan promosi, setiap langkah yang akan diambil sudah seharusnya berdampak positif bagi bisnis Anda, Indika Kreasindo dengan senang hati membantu Anda, berkonsultasi dan mencari solusi bagi promosi produk Anda. Dan bukan hanya itu, Indika Kreasindo pun berpedoman untuk memberikan hasil terbaik dengan tidak melupakan untuk menekan biaya promosi yang perlu Anda keluarkan.